Selasa, 17 Desember 2013

MENULIS WACANA DESKRIPSI

Keunikan Bunga Mawar


Mawar yang dikenal dengan nama bunga rose atau ratu bunga berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur.  Mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias favorit dan populer di kalangan masyarakat. Hal itu karena bunga mawar merupakan bunga yang unik. Keunikan bunga mawar dapat dilihat dari struktur bunganya, variasi warna bunga yang indah, dan variasi warna yang melambangkan perasaan.
Bunga mawar memiliki struktur tumbuhan yang unik. Tanaman bunga mawar merupakan kelompok tumbuhan berbiji dengan pohon yang batangnya berkayu. Tumbuhan dikotil ini mempunyai akar tunggang. Batang dan akar mempunyai kambium sehingga dapat memperbesar. Mawar merupakan tumbuhan dengan batang yang berduri tajam dan kulit batang halus licin. Mawar berkembang biak dengan cara stek. Pada umumnya mawar memilki duri berbentuk seperti pengait. Selain itu, bentuk dasar daun membulat dengan variasi cuping menjari atau elips dan memanjang. Bentuk bunga mawar ada yang tunggal dan ada yang tertata dalam bentuk payung dengan perhiasan bunga setiap lingkarnya sebanyak 4-5 buah. Mahkota bunga terdiri dari lima helai daun mahkota. Ovari terletak di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak. Benang sari dan putik bunga mawar tersusun pada dasar bunga yang berbentuk guci dan apabila sudah matang akan menjadi semacam buah buni/hip yang di dalamnya berisi biji. Tinggi tanaman ini bervariasi, mulai dari beberapa centimeter hingga beberapa meter.
Keunikan lain dari bunga mawar adalah variasi warnanya. Beberapa warna bunga mawar memiliki daya tarik tersendiri. Variasi warna bunga mawar yaitu merah, jingga, merah muda, merah hati, kuning, putih, ungu, biru, hijau, merah putih, hitam, merah kuning, dan kuning jingga.
Keunikan yang ketiga dari bunga mawar yaitu banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaan pada seseorang. Oleh karena itu, variasi warna bunga mawar memiliki makna yang berbeda-beda. Mawar merah melambangkan cinta kasih, kecantikan, aku cinta padamu, keromantisan, dan ucapan selamat. Mawar jingga melambangkan keinginan antusiasme, gelora cinta, kekaguman yang luar biasa, dan rasa haus akan cinta. Mawar kuning melambangkan awal baru kegembiraan, ucapan selamat datang, dan kenangan indah yang tidak terlupakan. Selain itu, lambang kebahagiaan, kekaguman, dan kelembutan disimbolkan dengan mawar merah muda sedangkan cinta sejati, cinta yang murni/suci, dan kemurnian hati merupakan lambang dari mawar berwarna putih. Di sisi lain, mawar ungu melambangkan keunikan, cinta pada pandangan pertama, dan perlindungan cinta ayah/ibu. Selanjutnya, mawar hijau melambangkan ketenangan, sedangkan mawar hitam melambangkan kematian dan perpisahan. Selain warna itu, mawar yang berwarna merah hati melambangkan kecantikan. Mawar merah putih melambangkan penyatuan dan rasa semangat dilambangkan dengan mawar kuning jingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar