Sabtu, 21 Desember 2013

WACANA KLASIFIKASI



 Klasifikasi Jenis Olahraga Permainan, Pertandingan, dan Olahraga Perlombaan

Olahraga merupakan aktivitas atau gerakan untuk melatih tubuh seseorang baik secara jasmani maupun rohani yang dapat memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Olahraga dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu jenis olahraga perlombaan, pertandingan, dan jenis olahraga permainan.
Di samping itu ada pula jenis olahraga permainan. Olahraga permainan adalah olahraga tradisional yang memengaruhi budaya setempat. Olahraga permainan yang ada di Indonesia dan berpengaruh terhadap hal- hal lain yang ada di budaya Indonesia antara lain sepak takraw, kasti, pencak silat, dan permainan benteng. Sepak Takraw adalah Olahraga yang dimainkan dengan cara seperti bermain sepakbola dan bola voli, tetapi dilakukan di lapangan bulu tangkis. Jumlah pemain dalam sebuah permainan adalah tiga orang untuk masing-masing regu. Pemain sepak takraw tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, dan hanya boleh menggunakan kaki mereka sehingga sekilas gerakan-gerakan dalam permainan sepak takraw mirip dengan gerakan seni bela diri. 

Kemudian, olahraga Pencak silat adalah suatu metode beladiri yang diciptakan oleh bangsa Indonesia guna mempertahankan diri dari bahaya. Bahaya yang mengancam keselamatan dan kelangsungan hidupnya. Olahraga Permainan  Pencak silat menitikberatkan pada teknik penguncian, berjalan atau mengayun, menjatuhkan pukulan dan tendangan dari sudut dan arah yang tidak terduga-duga. Teknik-teknik tersebut di tujukan pada titik-titik lemah, Sedangkan dalam permainan senjata, silat juga memegang peranan penting dalam pertarungan dan latihan. Senjata-senjata yang sering digunakan misalnya golok, tombak, tongkat, sarung dan lain-lain. Selain itu, Kasti merupakan sejenis olahraga Permainan bola yang dilakukan 2 kelompok dengan menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Dalam permainan ini, Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan. Selanjutnya, Permainan Benteng Adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai ‘benteng’. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal.
Olahraga perlombaan adalah kegiatan mengadu ketangkasan atau keterampilan. Olahraga sering dijadikan ajang perlombaan dari dulu hingga sekarang. Beberapa jenis olahraga yang dapat di kategorikan ke dalam olahraga perlombaan yaitu olahraga lari, dan olahraga air. Lomba lari merupakan olahraga yang menitikberatkan pada kecepatan atlet untuk mencapai garis finish. Atlet melakukan gerak lari dengan kecepatan maksimal untuk mencapai garis finish dengan keahlian dan pengaturan strategi. Dari kecepatan saat di start, kecepatan memasuki garis finish dan kecepatan saat berlari sprint yang baik sangat menentukan keberhasilan mencapai garis finish dengan cepat. Perlombaan lari bisa dibagi menjadi 4 macam yaitu lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak panjang, dan lari estafet. Untuk lari jarak pendek jarak yang ditempuh adalah 100m sampai 400m, jarak menengah antara 800m sampai 1500m, lari jarak panjang atlet harus berlari antara jarak 3000 m sampai 4000m, sedangkan lari estafet yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Kemudian, Jenis olahraga air terdiri dari menyelam dan renang. Menyelam ini merupakan olahraga yang memadukan keindahan dan keberanian seseorang. Lain halnya dengan menyelam, renang juga disebut dengan olahraga air. Dalam perlombaan renang, atlet harus bisa berenang dengan cepat agar mencapai garis finish. Kecepatan perenang dan gaya berenangnya sangat menentukan keberhasilanya. Gaya dalam renang yang biasanya dilakukan adalah gaya bebas, gaaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Dalam lomba renang sangat ditentukan oleh stamina atlet, kelenturan tubuh dan keanggunannya serta cara mereka dalam mengatur pernapasan sampai garis finish. Olahraga lompat jauh adalah upaya mencapai jarak paling jauh dengan satu kali tolakan. Tujuan dalam lompat jauh adalah memindahkan tubuh dari satu tititk ke titik lainnya dengan sekali lompatan yang dimulai dengan awalan berlari kemudian menolak, selanjutnya melayang dan terakhir mendarat pada titik paling jauh. Cabang lompat jauh ini dibagi lagi ke dalam 3 kategori yakni lompat jauh gaya jongkok atau Tuck, lompat jauh gaya menggantung atau Hang Style, serta gaya berjalan di udara atau Walking In The Air. Ketiga gaya tersebut dibagi berdasarkan sikap badan seorang atlit saat ia sedang dalam keadaan melayang. Sementara itu, gerakan awalan, tumpuan serta pendaratan tidak memiliki perbedaan antara gaya yang satu dan gaya lainnya.
kemudian, olahraga pertandingan digunakan untuk jenis olah­raga yang menghadapkan dua pihak. jenis olahraga  yang dapat diklasifikasikan ke dalam olahraga pertandingan yaitu tinju, sepak bola, dan bulu tangkis. Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa. Mereka  bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut "ronde". Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Selanjutnya, Bulu tangkis adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis yaitu Tunggal putri, Tunggal putra, Ganda putra, Ganda putri, Ganda campuran. Selain itu ada juga olahraga Sepak bola. Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang di atas rumput .Secara umum hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar